Pages

Subscribe:

Wednesday, April 06, 2011

cara mengetes antivirus

          Saat ini memang banyak pihak yang menyediakan antivirus untuk memberantas virus dalam komputer, baik antivirus yang berbayar ataupun yang gratis.

Namun permasalahannya Apakah antivirus yang anda gunakan bisa mendeteksi virus dengan baik ???

        Anda selanjutnya ingin mengetahui seberapa baik konfigurasi antivirus Anda, apakah sudah aktif dan komputer telah terproteksi dengan baik. Lalu Anda berpikir untuk mencoba memasuki situs berbahaya untuk mengetes apakah antivirus Anda dapat mendeteksi virus dengan baik. Hal ini tentu saja sangat tidak disarankan karena resikonya sangat besar, Anda bisa saja kehilangan data yang sangat penting.

Jadi, bagaimana cara mengetes antivirus dengan aman?

          Untuk mengetes antivirus dengan aman, Anda bisa menggunakan file Eicar Test. File ini berisi karakter ASCII yang akan dideteksi sebagai virus oleh antivirus tetapi file ini sebenarnya bukan virus dan tidak ada kode berbahaya didalamnya. Jika virus palsu ini terdeteksi, maka antivirus anda aktif dan siap untuk memberi perlindungan kepada Anda.Berikut ini adalah test standard antivirus yang dapat dilakukan dengan mudah untuk mengetahui kinerja feature resident shield (feature antivirus yang melakukan monitor secara real time terhadap kerja suatu program / process).

Test ini disediakan oleh EICAR Sebuah organisasi security Ahli di Eropa. Test ini didistribusikan sebagai "EICAR Standard Anti-Virus Test File".

File ini aman, karena bukan sebuah virus, dan tidak menyertakan sedikitpun code yang membahayakan. Anti-virus akan mengenali sebagai "EICAR-AV-Test".


berikut cara untuk mengetes apakah antivirus yang anda gunakan baik apa tidak :

1. Buka Notepad

2. Ketik atau copy paste code berikut :
X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

3. Simpan dengan ekstensi .com
Misal : tesantivirus.com => (Ketika menyimpan pilih "Save as", lalu pada bagian "Save as type" pilih "All Files").

Jika anti-virus berjalan baik, maka sebelum file dijalankan pun antivirus akan mengenali. Jika tidak, maka jalankan file tersebut dengan double click atau melalui DOS Prompt...


"Selamat mencoba"

0 comments:

Post a Comment